Jumat, 28 Januari 2011

Cara Merawat Layar LCD dan Keyboard Notebook, Laptop atau Netbook

Cara Merawat Notebook – Kawan punya mini komputer atau yang biasa disebut dengan notebook, laptop atau netbook? Sudah tahu berapa harga dari speartpartnya? Masing-masing speartpartnya biasanya rata-rata hampir setengah harga notebook, laptop atau netbook kita, bahkan untuk layar LCD dan Maindboarnya bisa lebih dari setengah harganya saat kita beli. Oleh karena itu kawan harus benar-benar menjaga milik kawan, jangan sampai hanya karena masalah sepele mengakibatkan uang anda melayang hanya untuk memperbaiki notebook, laptop atau netbook yang baru/belum lama kawan beli.

Keyboard dan monitor LCD merupakan speartpart notebook, laptop atau netbook yang paling rentan terhadap kerusakan. Misalnya saja suatu ketika tanpa sengaja keyboard tersiram air ataupun monitor tergores saat dibersihkan atau saat ditutup kita meletakkan kertas yang didalamnya terdapat klip/steples.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah kerusakan pada komponen monitor LCD dan keyboard.

Layar monitor LCD

1. Engsel LCD

Kalau diperhatikan dengan seksama, di dalam lipatan antara CPU dan monitor LCD terdapat engsel yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain. Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu notebook adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan notebook. Demikian juga sebaliknya, jangan menutup monitor/layar LCD terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.

Memang yang namanya musibah tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bilaterjadi retak, segera perbaiki di dealer resmi. Hal itu dimaksudkan agara kerusakan tidak merambat ke tempat lainnya.

2. Membersihkan LCD

Lalu bagaimana kalau layar LCD notebook berdebu? Apakah harus didiamkan? Tidak diharamkan untuk membersihkan monitor LCD bahkan malah dianjurkan .

Dengan seiring berjalannya waktu, layarLCD akan menjadi kotor dan berdebu. Kawan dapat menyemprotkan cairan khusus pembersih LCD ke kain lap dan menggosok layarnya perlahan lahan. Gunakan kain yang lembut dan tidak kasar. Jangan menyemprotkannya langsung ke permukaan layar karena cairan dapat meleleh ke bawah dan bisa merusak rangkaian elektroniknya.

Jangan gunakan cairan pembersih plastik atau glass cleaner sembarangan karena bisa merusak lapisan pelindung yang berfungsi mencegah sinar memantul. Kalau tidak ada cairan pembersih khusus tersebut, sebaiknya menggunakan air yang dicampur sedikit sabun mandi.

Keyboard

1. Kotoran di sela tombol

Letak tombol keyboard yang saling berhimpitan dengan sedikit sela seringkali menyebabkan debu, kotoran, dan remah-remah bersembunyi di sela-sela tombol.

Lalu bagaimana cara membersihkan Keyboard?

Vacuum cleaner merupakan alat yang cocok untuk membersihkan kotoran dan remah remah yang tersembunyi di celah celah Keyboard.

Alternatif lain adalah dengan menyemprotkan udara di antara tombol-tombol keyboard. Jangan menggoncangkan dan mengetuk Keyboard dengan keras karena bisa merusaknya.

2. Tersiram cairan

Menumpahkan minuman ke Keyboard bisa terjadi pada siapapun. Bila itu yang terjadi, segera matikan Notebook, letakkan kertas tissue / kain lap di atas keyboard dan balikkan untuk mengeringkan cairan yang masuk kedalamnya dan mencegah masuk ke komponen lainnya.

Pada beberapa merek tertentu seperti halnya Acer, konstruksi keyboard memungkinkan cairan mengalir ke bagian dasar tanpa merusak rangkaiannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar